cse

Loading

Selasa, 07 Januari 2014

PENGETAHUAN GIZI, BODY IMAGE, DAN STATUS GIZI REMAJA DI SMA ISLAM ATHIRAH KOTA MAKASSAR TAHUN 2013
ABSTRAK 
terhadap bentuk tubuh semakin sering dijumpai pada remaja. Hal ini membuat mereka menerapkan perilaku yang tidak tepat dalam mencapai tubuh ideal, sehingga akan berdampak negatif pada status gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pengetahuan gizi dan body image dengan status gizi remaja di SMA Islam Athirah Kota Makassar tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian cross-sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan teknik undian. Jumlah sampel sebanyak 71 responden. Pengambilan data dilakukan dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 47 subjek (66.2%) memiliki persepsi body image positif dan 24 subjek (33.8%) memiliki persepsi body image negatif. Sebagian besar subjek (84.5%) memiliki pengetahuan gizi yang cukup dan hanya 15.5% subjek yang memiliki pengetahuan gizi yang kurang.
Hubungan Pengetahuan Gizi dengan Status Gizi
 Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sebanyak 60% responden dengan pengetahuan gizi yang cukup memiliki status gizi normal, hal yang sama juga terjadi pada resonden dengan pengetahuan gizi yang kurang memiliki status gizi normal sebanyak 81.8%. Hasil uji dengan menggunaan uji chi-square diperoleh nilai P-Value adalah 0.348 lebih besar dari α (0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa “tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan status gizi responden di SMA Islam Athirah Kota Makassar Tahun 2013”. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan gizi yang baik belum tentu diikuti dengan pola makan dan konsumsi pangan yang baik.
Hubungan Body Image dengan Status Gizi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 24 orang (33.8%) responden yang memiliki persepsi body image negatif (mengalami ketidakpuasan terhadap bentuk tubuhnya) tidak hanya terjadi pada responden dengan kelebihan berat badan saja (gemuk dan obesitas), namun juga pada responden dengan status gizi normal yaitu sebanyak 12 orang (50.0%). Hasil uji dengan menggunaan uji chi-square diperoleh nilai P-Value adalah 0.001 lebih kecil dari α (0.05) dengan demikian “ada hubungan antara body image dengan status gizi (IMT/U) responden di SMA Islam Athirah Kota Makassar Tahun 2013”. Hal ini berarti semakin tinggi ketidakpuasaan terhadap body image, maka status gizinya semakin tidak normal (gemuk dan obesitas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar